Polisi Cari Pembuang Seribuan Bangkai Ayam di Sungai Wegil Pati

Arif Syaefudin - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 19:32 WIB
Polisi mencari lokasi pembuangan bangkai ayam di Pati
Foto: Polisi mencari lokasi pembuangan bangkai ayam di Pati (dok. Istimewa)
Pati -

Polisi turun tangan untuk mencari pelaku pembuang bangkai ayam di bantaran sungai di Desa Wegil, Kabupaten Pati. Diduga ada yang sengaja membuang bangkai ayam tersebut.

Kapolsek Sukolilo AKP Supriyono mengatakan pihaknya telah menelusuri ada sejumlah titik sungai yang dilewati bangkai ayam itu. Pihaknya juga menemukan lokasi yang diduga sebagai titik pembuangan bangkai ayam itu.

"TKP pembuangan bangkai ayam terletak pada petak 6 RPH Prawoto BKPH Pengantin KPH Grobogan," kata Supriyono saat dihubungi detikcom, Jumat (15/5/2020).

Supriyono mengaku sudah menyelidiki identitas terduga pembuang bangkai ayam itu. Bangkai ayam itu dibuang Rabu (13/5) malam hari.

"Dari hasil pulbaket adanya bangkai ayam tersebut diduga dibuang menggunakan KBM dump truk pada malam hari sekira tanggal 13 Mei 2020, malam hari, sekira jalan tersebut pada keadaan sepi dari bekas ban kendaraan," jelasnya.

Supriyono menyebut pihaknya menemukan kandang ayam tak jauh dari titik yang diduga sebagai lokasi bangkai itu dibuang. Kandang ayam itu ada di wilayah Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Pati.

"Saat dicek, kandang berisi ayam umur 21 hari. Pengakuan pemilik kandang, memang sempat terjadi kematian ayam mulai tanggal 10-14 Mei 2020. Ada berjumlah sekitar 48 ekor," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, Purwadi mengaku telah menyerahkan penanganan kasus tersebut ke kepolisian. Menurut Purwadi, pelaku pembuang bangkai ayam telah melanggar hukum.

"Dalam hal ini, kami menunggu investigasi dari polisi, karena itu pidana. Pelanggaran UU nomor 18 tahun 2008," ucap Purwadi lewat pesan singkat.

Selanjutnya
Halaman
1 2