Pentas Live Streaming, Dalang Boyolali Galang Donasi Pandemi COVID-19

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 03:02 WIB
Tangkapan layar pentas wayang climen Boyolali secara live streaming. Rabu (13/5/2020).
Tangkapan layar pentas wayang climen Boyolali secara live streaming. Rabu (13/5/2020). (Foto: Istimewa)
Boyolali -

Seorang dalang wayang kulit di Boyolali, Ki Gondo Wartoyo menggelar wayang climen untuk menggalang donasi peduli COVID-19. Pentas wayang itu disiarkan live streaming melalui channel YouTube dan Facebook.

Pentas wayang live streaming peduli COVID-19 itu sudah dilakukan dua kali. Pagelaran untuk menggalang donasi guna membantu mereka yang terdampak pandemi virus Corona ini akan dilanjutkan untuk yang ketiga kalinya.

"Saya menggalang dana sudah mulai tanggal 24 April 2020 lalu, dengan cara pagelaran wayang climen (minimalis). Yang mendalang saya, pengrawitnya cuma dua, yaitu kendang dan organ," kata Ki Gondo Wartoyo, saat dihubungi melalui telepon, Rabu (13/5/2020).

Ide untuk menggalang donasi dengan pagelaran wayang climen tersebut terinspirasi dari usulan atau aspirasi dari teman-temannya. Karena di masa pandemi COVID-19 ini tidak boleh menggelar pentas wayang secara komplit dan mengumpulkan banyak orang, sehingga dilakukan dengan terbatas.

Pentas tersebut dilakukan di ruang tamu rumahnya, Dukuh Bulu RT 04/03 Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Boyolali. Yang terlibat pun tidak banyak, dan kemudian disiarkan secara langsung melalui channel YouTube dan Facebook miliknya, Dalange Wartoyo. Durasinya sekitar 2,5 jam.

"Di ruang tertutup, di ruang tamu. Saya kunci semua kalau pas pagelaran, jadi tidak boleh lihat," ujarnya.

Menurut Wartoyo, dalam pentas pertama pada tanggal 24 April 2020 tersebut berhasil mengumpulkan dana Rp 12,5 juta. Pihaknya membentuk tim untuk mengurusi donasi tersebut, yakni dari penggemarnya yang tergabung dalam CSDW (Cinta Sejati Dalang Wartoyo).

"Alhamdulillah mendapatkan Rp 12,5 juta kemarin pertama kali. Masuk segitu, dari teman-teman Facebook, penggemar pada transfer. Yang mengurusi ada tim sendiri, jadi masuk ke rekening tim, bukan rekening saya," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2