Curahan Hati Pedagang di Alas Roban Pantura Sepi Tanpa Pemudik

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 13:25 WIB
Penjual di Jalur Pantura Alas Roban, Batang sepi pembeli meski jelang Lebaran
Foto: Penjual di Jalur Pantura Alas Roban, Batang sepi pembeli meski jelang Lebaran (Robby/detikcom)
Batang -

Larangan mudik di masa pandemi virus Corona (COVID-19) ini membuat jalur Pantura di Alas Roban, Batang sepi. Para pemilik warung di pinggir jalan Alas Roban pun kini hanya bisa gigit jari karena dagangan mereka sepi.

Pantauan detikcom di Jalur Pantura Alas Roban, Rabu (13/5), tak banayk warung yang berjualan. Di jalur lingkar utara misalnya, banyak warung yang tutup. Di lapak yang tutup ini banyak dimanfaatkan para pengemudi untuk beristirahat.

Salah satu pedagang yang masih berjualan yakni Yati (45). Saat ditemui di lapak miliknya, Yati sedang menjalankan ibadah salat.

Di lapaknya itu dia menjual aneka minuman dari kopi instan hingga soda, maupun mi instan. Warung miliknya itu ada di sebelum persimpangan Jalur Poncowati Alas Roban, dan jalur lingkar Utara ini.

Yati mengakui puasa kali ini jauh lebih sepi dibanding tahun sebelumnya. Ditambah lagi sudah makin banyak warga yang memilih lewat tol dibandingkan jalur Pantura tersebut.

"Mulai turun sejak adanya tol. Terus tahun ini tambah parah sepinya," kata Yati saat berbincang dengan detikcom di warungnya, Rabu (13/5/2020).

Yati bercerita biasanya sepuluh hari menjelang hari raya, warung miliknya itu ramai didatangi pemudik yang mampir. Khususnya para pengendara sepeda motor.

"Biasanya rame mas. Kalau saya sejak adanya tol, hanya berharap pemudik motor. Biasanya sudah banyak yang mampir, tapi ya lihat sendiri, sepi," ucap Yati.

Selanjutnya
Halaman
1 2