Tak Bisa Pentas Saat Pandemi, Seniman Solo Bikin Lumbung Pangan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 02:31 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Solo -

Insan seni pertunjukan menjadi salah satu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Di Solo, para seniman dalam komunitas Rumah Banjarsari berswadaya membuat lumbung pangan sebagai antisipasi jika wabah masih berlangsung dalam jangka waktu lama.

Di masa seperti ini, banyak seniman yang terpaksa beristirahat. Tak ada lagi konser hingga hajatan yang menghadirkan panggung hiburan karena adanya larangan pengumpulan massa.

Direktur Rumah Banjarsari, Zen Zulkarnaen, mengatakan lumbung pangan merupakan salah satu solusi agar anggota komunitasnya bisa bertahan diterpa dampak COVID-19.

"Kita bikin gerakan Lumbung Solidaritas dengan mengumpulkan bahan makanan. kalau teman-teman butuh, didistribusikan," ujar Zul saat ditemui di Rumah Banjarsari Solo, Selasa (12/5/2020) malam.

Bahan makanan yang dikumpulkan di lumbung pangan, kata dia, bisa dikumpulkan dari banyak sumber. Bahan pangan hanya didistribusikan bagi anggota komunitas.

"Seperti lumbung desa ya hanya untuk mencukupi masyarakat desa itu. Kita juga sama. Tapi saat kita berlebih juga bisa mendistribusikan kepada orang lain, namun tidak secara acak," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2