PAN DIY Soal Partai Amanat Reformasi: Modal Dasarnya Sudah Ada

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 19:29 WIB
Logo PAN - 2019
Foto: Redaksi
Yogyakarta -

Loyalis Amien Rais menyebut sudah ada modal untuk membentuk partai politik baru. Tokoh-tokoh partai yang prihatin dengan kondisi politik PAN di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan disebut bakal bergabung.

"(Untuk partai baru) Modal dasarnya, semua elemen partai yang tidak bisa menerima langkah politik yang diambil DPP menginginkan wadah politik baru sebagai alat perjuangan," kata Ketua DPW PAN DIY, Nazaruddin kepada detikcom melalui pesan singkat, Selasa (12/5/2020).

Kendati demikian, proses untuk membentuk partai baru menurut Nazaruddin tidaklah sebentar. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

"Ya. Tahapan yang harus dilalui membutuhkan waktu. Konsolidasi dan seterusnya," ucapnya.

Selain PAN DIY, menurutnya masih banyak elemen-elemen lain yang bakal bergabung. Terutama mereka yang prihatin dengan kondisi partai-partai saat ini.

"Modal dasarnya ya itu tadi, elemen-elemen partai yang tidak bisa menerima sikap yang diambil partai dan elemen-elemen lain. Terutama tokoh-tokoh yang punya keprihatinan terhadap kondisi partai-partai sekarang yang sudah dikooptasi rezim," paparnya.

"Tidak perlu terburu-buru dalam membentuk partai baru ini. Karena kondisi saat ini masih dalam pandemi Corona. Kan masih perlu mengkritisi cara pemerintah dalam penanganan COVID-19 ini," lanjutnya.

Diketahui, kabar pembentukan partai baru oleh loyalis Amien Rais semakin mencuat setelah Hanafi Rais menyatakan mundur dari kepengurusan partai dan Ketua Fraksi PAN DPR RI.

Putra Amien Rais itu disebut akan ikut mendeklarasikan partai baru bernama Partai Amanat Reformasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2