Angkutan Umum Jalan Lagi, Sultan: Penumpang Masuk DIY Harus Diperiksa

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 16:13 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X
Foto: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Pradito/detikcom)
Yogyakarta -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menanggapi kebijakan kembali beroperasinya transportasi penumpang antarkota atau antardaerah. Sultan meminta semua penumpang yang masuk DIY harus diperiksa.

Sultan mengatakan, kebijakan tersebut harus dibarengi dengan pemeriksaan ketat terhadap semua penumpang, khususnya dari luar daerah yang masuk ke DIY. Semua itu untuk memutus rantai penularan virus Corona (COVID-19).

"Ya tapi kan kita juga di airport kan punya kesepakatan (semua penumpang) harus diperiksa. Seperti di Stasiun Tugu dan sebagainya juga harus diperiksa," kata Sultan saat ditemui wartawan di kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Jumat (8/5/2020).

Sementara itu, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 DIY, Biwara Yuswantana menambahkan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pusat telah membuat surat edaran (SE) untuk menanggapi kebijakan Menteri Perhubungan. Menurutnya, SE itu menjadi acuan Gugus Tugas di setiap provinsi untuk meningkatkan pemeriksaan terhadap penumpang.

"Kan ada surat edaran dari Gugus Tugas Nasional, Gugus Tugas sudah kirim (surat edaran) ke semua provinsi tentang ketentuan-ketentuan terkait dengan transportasi dan sebagainya," katanya.

"Ini baru saya share ke posko (surat edarannya) supaya kemudian bidang gakkum (penegakan hukum) bisa menindaklanjuti, seperti Dishub, Satpol PP, TNI dan Polri," lanjut Biwara.

(rih/sip)