Menhub Buka Transportasi, FX Rudy: Pemudik ke Solo Tetap Dikarantina

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 03:54 WIB
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (15/4/2020).
FX Hadi Rudyatmo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Kebijakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membuka kembali transportasi publik ke luar daerah dikhawatirkan akan menambah jumlah perantau pulang kampung. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menegaskan tetap menjalankan program karantina pemudik.

Rudy menilai kebijakan pemerintah pusat akan tetap berjalan. Untuk mencegah penyebaran virus Corona, pemudik yang tiba di Solo diminta masuk rumah karantina terlebih dahulu selama 14 hari.

"Ya karena itu keputusan pemerintah seperti itu ya mesti jalan. Namun kita tetap bagi pemudik atau pendatang yang ke Solo ya tetap mau kita karantina," kata Rudy, Kamis (7/5/2020).

Dia pun menilai pemberhentian transportasi publik yang dilakukan sebelumnya itu bukan cara satu-satunya untuk mencegah COVID-19. Sebab dia melihat masih banyak masyarakat yang berhasil pulang sampai ke rumah.

"Ya efektif (pemberhentian transportasi), namun tetap masih ada yang cari jalan tikus. Tapi masyarakat sudah aktif, buktinya masih banyak pemudik yang diantar masyarakat ke posko," ungkap Rudy.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2