Ngobrol dengan Ucup, Kreator Video Gagal Mudik yang Dibintangi Mbah Minto

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 03:28 WIB
Muhammad Sofyan alias Ucup, kreator video Gagal Mudik Gegara Corona
Muhammad Sofyan alias Ucup ((Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sosok Mbah Minto (70) pemeran tokoh Simbok dalam video dagelan Gagal Mudik karena Corona sudah tak asing bagi netizen. Di balik video-video menghibur itu ada sosok Muhammad Sofyan alias Ucup, sang kreator.

"Awal mula saya mencoba YouTube itu paling 1,5 tahun yang lalu. Konten saya dulu tentang hal gokil soal anak muda yang patah hati bercinta," ungkap Ucup kepada detikcom, Minggu (3/5/2020) pagi.

Ucup mengatakan sebelum mengajak Mbah Minto, dirinya sudah membuat beberapa konten lelucon atau dagelan. Hasilnya lumayan sebab sudah banyak followers dan subscribers.

"Sebelum yang kemarin (Gagal Mudik), subscribers sudah 100.000 dan followers IG sudah 45.000. Sebelum itu videonya si mbah yang viral juga sudah banyak tapi tidak se booming ini karena Corona itu masalah nasional," lanjut Ucup.


Selain melibatkan Mbah Minto, terang Ucup, dia juga melibatkan beberapa anak muda di desanya. Setiap membuat video yang terlibat diberikan uang.

"Selain Mbah Minto ada Mbah lain. Tapi Mbah Minto kan gampang viralnya, seperti video 'penak zaman Soeharto atau sekarang' dan itu viralnya sampai Ambon dan Kalimantan," terang Ucup.

Ucup mengaku semangat membuat video semakin fokus setelah bisnisnya telur dadar gulung sepi. Sejak itu memilih di rumah fokus membuat video. "Stand saya tutup gara-gara Corona ini. Tidak ada penghasilan dan kerja dari rumah, ya sudah saya kerja dari rumah lebih fokus lagi," sambung Ucup.


Setelah video dagelan dengan Mbah Minto viral, jelas Ucup banyak yang endorse dari berbagai produk dan instansi. Diminta membuat video diselipkan iklan.

"Dari produk produk dan instansi juga banyak pesan dibuatkan video diselipkan iklan. Tapi sementara ini masih sendiri," tambah Ucup.