Dugaan Pelecehan Seksual, UII Minta IM Bersikap Kooperatif

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Minggu, 03 Mei 2020 20:33 WIB
Colour backlit image of the silhouette of a woman with her hands on her head in a gesture of despair. The silhouette is distorted, and the arms elongated, giving an alien-like quality. The image is sinister and foreboding, with an element of horror. It is as if the woman is trying to escape from behind the glass. Horizontal image with copy space.
Ilustrasi (Foto: iStock)
Sleman -

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta bersikap tegas dalam kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan salah seorang alumni berinisial IM. Pihak kampus pun meminta agar IM kooperatif.

"Bahwa sejak 2016, IM telah berstatus sebagai alumnus yang tidak dapat bertindak mewakili atau mengatasnamakan UII. Meskipun demikian, UII mendorong IM untuk dapat menunjukkan iktikad baik dengan bersikap kooperatif, melakukan klarifikasi secara jujur," kata Ketua Tim Pendampingan Psikologis dan Bantuan Hukum UII Syarif Nurhidayat dalam keterangan tertulis, Minggu (3/4/2020).

Syarif menjelaskan pihaknya sudah berkomunikasi langsung dengan IM. Kendati IM juga telah mengunggah klarifikasi di akun Instagram pribadinya, namun hal itu dirasa belum cukup.

"Tim UII sudah berkomunikasi langsung dengan IM setelah yang bersangkutan mengunggah klarifikasi di IG pribadi. Adapun pernyataan ini menjadi dasar tentang UII mendorong IM untuk dapat menunjukkan iktikad baik dengan bersikap koorperatif," jelasnya.


Syarif menegaskan jika pihaknya berkomitmen menciptakan rasa aman bagi seluruh sivitas. Tindakan pelecehan seksual, kata dia, dalam bentuk apapun tidak dapat diterima dan tergolong dalam pelanggaran berat.

"UII menjamin bahwa setiap pelecehan seksual yang dilaporkan akan ditanggapi dengan serius, dilakukan penyelidikan secara menyeluruh, untuk memperoleh bukti hingga dapat ditemukannya arah kebenaran terhadap kasus yang dilaporkan," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2