Round-Up

Gembiranya Mbah Minto, 'Artis' Video Gagal Mudik Bikin Senang Pemirsa

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 03 Mei 2020 09:16 WIB
Mbah Minto, nenek yang viral gegara parodi Gagal Mudik
Foto: Mbah Minto, nenek yang viral gegara parodi Gagal Mudik (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sosok Mbah Minto (70) akhir-akhir ini terkenal karena video-video lucunya berisi fragmen-fragmen pendek bertema gagal mudik gegara Corona atau COVID-19 menghiasi media sosial. Perempuan sepuh asal Klaten itu membuat trenyuh netizen, termasuk Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Video yang menampilkan sosok Mbah Minto memang ramai berseliweran di akun dagelan berbahasa Jawa. Parodi itu dibuat Mbah Minto berkolaborasi dengan Muhammad Sofyan (30) di akun YouTube Ucup Klaten dan Instagram ucup_jbsklaten.


Parodi dagelan itu di YouTube bahkan sudah ditonton lebih dari 1 juta netizen. Lewat video itu Mbah Minto meminta agar anaknya yang diperankan Ucup tidak mudik dulu karena malah akan membawa virus Corona.

"Kowe mulih malah nggawa virus, ra mesakake simbokmu iki? Rasah mulih le, sing penting dhuwite mulih (kamu kalau pulang ya malang bawa viris, apa tidak kasihan ibumu ini? Jangan pulang dulu nak, yang penting uangmu sampai rumah)" demikian salah satu cakapan Mbah Minto dalam salah satu cuplikan video parodinyayang digambarkan sebaga obrolan video call dengan anaknya yang di perantauan.

Meskipun sudah terkenal, Mbah Minto tetap perempuan sepuh lugu yang tinggal di Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. Rumahnya sederhana berdinding batako tanpa plester, bantuan dari Pemkab Klaten. Tak ada perabot rumah yang menghiasi rumah itu.