Pos Pantau di Brebes Tolak Ratusan Pemudik per Hari

Imam Suripto - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 16:23 WIB
Suasana pos pantau Kabupaten Brebes, Senin (27/4/2020).
Foto: Suasana pos pantau Kabupaten Brebes, Senin (27/4/2020). (Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Tiga Pos Pantau di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah setiap hari menolak ratusan pemudik. Penyekatan kendaraan pemudik ini sudah dimulai sejak Sabtu (25/4).

Kepala Dinas Perhubungan Brebes, Johari menjelaskan ada tiga pos untuk melakukan penyekatan terhadap pemudik. Tiga pos tersebut berada di terminal truk Desa Kecipir, eksit Tol Pejagan, dan Brebes Timur atau Breksit.

"Pos pantau ini sebagai tindak lanjut perintah presiden soal larangan mudik. Dishub dan Polres Brebes, membangun pos pantau melakukan penyekatan di tiga titik. Masing-masing di Terminal Truk Desa Kecipir, Eksit Tol Pejagan, dan Brebes Timur," terang Johari kepada wartawan saat meninjau pos pantau di Pejagan, Senin (27/4/2020).

Johari menjelaskan penyekatan pos pantau di terminal Desa Kecipir untuk menjaring pemudik yang menggunakan sepeda motor dan mobil pemudik yang tidak melalui jalur tol. Sementara pos pantau di Eksit Tol Pejagan dan Brebes Timur untuk menangani pemudik yang masuk lewat tol.

"Sedianya mau dibangun empat posko namun sesuai kesepakatan hanya tiga posko. Pos pantau yang di eksit tol Brebes Barat batal didirikan," ujar Johari.

Petugas gabungan dari Polri, TNI, Satpol, Dinkes, BPBD disiagakan untuk memeriksa setiap pemudik yang akan masuk ke Brebes.