Terus Berupaya Menyemai Budaya Literasi di Tengah Pandemi Corona

Febrian Chandra - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 04:56 WIB
Aktivitas Komunitas Cethik Geni Blora sebelum terjadi pandemi Corona
Aktivitas Komunitas Cethik Geni Blora sebelum terjadi pandemi Corona. (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Omah Bucu, rumah kayu joglo tua pusat aktivitas taman baca dan budaya komunitas Cethik Geni di Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, nampak sepi Tidak seperti biasanya yang ramai suara celoteh bocah mengeja membaca buku.

Tentu pemandangan itu terjadi semenjak wabah virus Corona atau COVID-19 melanda. Sebelum ada wabah tempat itu ramai dipadati anak-anak dan ibu-ibu.

"Sebelum ada pagebluk (pandemi), tempat ini ramai suara anak-anak yang membaca buku, belajar menari, membuat karya gambar atau kesenian lainnya," kata Rita Octaviana (47), pendiri dan penggagas gerakan literasi Cethik Geni, Sabtu (25/04).

Rita mengatakan, meski tidak ada aktivitas di Omah Bucu, kegiatan literasi terus berjalan. Caranya, dengan membuat simpul-simpul atau pos di beberapa titik. Seperti di desa Jipang ada simpul Yudan, di desa Kapuan ada simpul Kapuan Tengah dan di desa Cabean ada simpul garas.

"Setiap simpul ada relawan yang aktif seminggu sekali mengantarkan buku untuk ditukar. Dengan begitu anak-anak tidak perlu jauh-jauh datang ke ke sini. Apalagi kondisi wabah seperti ini," terangnya.

Dalam kondisi seperti sekarang, cara seperti itu lebih tepat karena ada larangan dari pemerintah untuk membatasi aktivitas berkerumun. "Ada ide mahasiswa yang magang di tempat kita yakni membuat video pembelajaran jarak jauh. Tapi cara ini masih dalam proses pengerjaan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2