Pertama di Jateng, Tes Swab Corona Drive Thru di RSND Undip Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 12:34 WIB
Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang kini punya layanan tes swab Corona drive thru, Rabu (22/4/2020).
Foto: Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang kini punya layanan tes swab Corona drive thru, Rabu (22/4/2020). (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

"Selama ini keluhannya karena swab-nya lama, dengan penambahan laboratorium ini, jadi semakin cepat penanganannya. Sehingga nantinya, pasien yang terindikasi COVID-19 dapat diambil keputusan, yang positif segera dirawat, yang negatif dipulangkan dan tempatnya bisa digunakan untuk pasien lain karena saat ini kebutuhan ini tinggi," jelasnya.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menambahkan pihaknya masih perlu memasang petunjuk arah agar pasien yang ingin swab drive thru tidak bingung.

"Nanti kita tambah petunjuk arahnya agar tidak bingung," kata Yos.

Di kesempatan yang sama, Direktur RSND Undip Semarang Sutopo Patriajati menjelaskan lab PCR di RSND Undip bisa melayani 90 sampai 100 sampel per hari. Durasi tesnya diusahakan sama seperti lab lainnya sekitar 8 jam.

"Sehari 90 sampai 100 sampel. Kalau dia (pasien) mandiri, hasilnya nanti direct ke yang bersangkutan, kalau rujukan ya ke yang merujuk. Jangan sampai diketahui orang terlalu banyak, kerahasiaan kita jaga sepenuhnya," jelas Sutopo.

"Ini gratis, bantuan pemerintah dan masa pandemi," imbuhnya.

Halaman

(sip/ams)