Pertama di Jateng, Tes Swab Corona Drive Thru di RSND Undip Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 12:34 WIB
Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang kini punya layanan tes swab Corona drive thru, Rabu (22/4/2020).
Foto: Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang kini punya layanan tes swab Corona drive thru, Rabu (22/4/2020). (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang ditetapkan menjadi salah satu tempat laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR). Tidak hanya itu pengambilan sampel swab untuk pengecekan virus Corona atau COVID-19 juga bisa dilakukan secara drive thru.

Dalam praktiknya, pasien diambil sampel dengan posisi tetap yang berada di dalam mobil. Jadi pasien melajukan mobil dan berhenti di depan pintu Poli Dots TB. Kemudian ada dua orang petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap datang dengan peralatan swab. Proses pengambilan sampel langsung dilakukan di lokasi dengan prosedur yang ditetapkan.

"Ini keren, sangat inovatif. Saya rasa model seperti ini yang pertama di Jateng," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di lokasi, Rabu (22/4/2020).

"Ini bagus, selain mempercepat proses, tidak banyak orang yang bersinggungan. Kalau duduk dan ngantre, kan bahaya. Kadang, kita tidak tahu bahwa pasien itu positif atau tidak," lanjutnya.

Ganjar menjelaskan metode tes swab drive thru dan dibukanya laboratorium PCR di RSND Undip bisa membantu mempercepat pengujian sampel swab. Saat ini sudah ada lima lab PCR di Jateng yaitu Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, RSUP Kariadi Semarang, RSUD Moewardi dan Rumah Sakit UNS.

Mengenal Rapid Test dan Swab Test Virus Corona COVID-19:

Selanjutnya
Halaman
1 2