DPRD Jateng Setujui Anggaran Rp 2,2 T untuk Tangani Pandemi Corona

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 19 Apr 2020 18:07 WIB
Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, Minggu (19/4/2020).
Foto: Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, Minggu (19/4/2020). (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

DPRD Jawa Tengah menyetujui anggaran penanganan pandemi virus Corona atau COVID-19 di Jawa Tengah mencapai Rp 2,2 triliun. Sebanyak Rp 1,3 triliun di antaranya untuk dampak sosial ekonomi.

"DPRD kemarin sudah komunikasi dengan Gubernur Jawa Tengah, persiapan penanganan COVID butuh dana Rp 2,204 T," kata Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto usai mengikuti rapid test di kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Minggu (19/4/2020)

Akibatnya, sejumlah proyek besar di Jateng mengalami penundaan karena Dana Alokasi Khusus (DAK) disetop kecuali untuk pendidikan dan kesehatan. Bambang belum menyebut proyek apa yang dimaksud. Namun anggaran dialihkan untuk penanganan dampak pandemi virus Corona.

"Rincian paling banyak untuk yang terdampak (ekonomi) sebesar Rp 1,3 triliun atau Rp 1,4 triliun. Mekanisme penyerahannya, itu eksekutif yang menentukan," jelas kader PDIP Jateng itu.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto mengatakan bantuan untuk penanganan Corona di Jateng juga datang dari partai dengan gotong royong menyalurkan paket APD ke puskesmas di zona merah di Jateng hingga menggelar rapid test seperti hari ini.

"Tes petugas lapangan kami, kita tes dulu, begitu positif, dirawat. PDIP ikut bantu pencegahan," jelas Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2