Rapat Walhi DIY Bahas Bantuan Terkait Corona Dibubarkan, Begini Ceritanya

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Minggu, 19 Apr 2020 13:02 WIB
Poster
Ilustrasi. Foto: Edi Wahyono

Rapat yang dilakukan itu, kata Dwi, tidak melalui izin lingkungan seperti izin ke RT setempat. Warga, kata dia, juga menyebut sebelumnya memang sering dilakukan kumpul-kumpul di lokasi. Kurangnya komunikasi itulah yang membuat warga resah terlebih di masa wabah Corona seperti ini.

"Izin dulu paling nggak. Kegiatan semacam itu harusnya Walhi introspeksi diri. Ditanyain warga juga nggak genah-genah (jelas). Ya seharusnya dia menyadari kegiatan ada COVID-19 tidak boleh ada kegiatan kumpul-kumpul," katanya.

Kabar pembubaran rapat Walhi DIY juga mendapat sorotan dari Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Dari laporan yang dia terima aksi itu dipicu lantaran rapat itu membuat warga gusar.

"Inilah kita perlu bersama mempunyai pemahaman yang sama tentang tegaknya protokol Corona. Pada kejadian Sabtu (18/4) malam, berdasarkan laporan camat, lurah dan RT, malam itu pak RT mendatangi kantor Walhi, karena warga gusar di kantor tersebut terjadi rapat di beberapa waktu," kata Heroe kepada wartawan, siang ini.

Dia pun membuat beberapa catatan terkait rapat yang dilakukan oleh Walhi.

"Pertama, menyangkut rapat melibatkan orang luar. Saat ini semua menjaga protokol Corona yakni mengurangi pertemuan, rapat, arisan, pengajian dan kumpulan RT saja semua ditunda dan dialihkan melalui grup WA kampung," ucapnya.

Kedua, lanjut Heroe, melibatkan orang luar. Semua, warga yang datang dari luar diminta lapor, periksa dan isolasi diri tidak ke mana-kemana.

Ketiga, Stay at home (di rumah saja), sehingga beberapa kampung dilakukan penyederhanaan arus keluar masuk, menjadi hanya satu dua jalan yang boleh akses keluar masuk. Dalam rangka agar warga tinggal di rumah saja

Keempat, tidak memakai masker. Padahal sekarang sudah kewajiban pakai masker tapi peserta rapat tidak pakai masker.

Kelima, warga rapat untuk penyemprotan dan gotong royong untuk membantu warga sekitar yang perlu dibantu, juga tidak pakai rapat fisik tapi grup WA.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3