11 Kasus Corona versi Rapid Test di Banjarnegara dari Klaster Ijtima Gowa

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 18 Apr 2020 18:37 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat jumpa pers, Sabtu (18/4/2020)
Foto: Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat jumpa pers (Uje/detikcom)
Banjarnegara -

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menginformasikan ada 12 kasus virus Corona baru berdasarkan hasil rapid test. Dari jumlah tersebut, 11 di antaranya merupakan hasil tracking warga yang memiliki riwayat menjadi peserta acara Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan.

"Kami melakukan tracking kepada peserta perjalanan ke Gowa Sulawesi Selatan dan keluarganya. Didapatkan 11 kasus baru yang menunjukkan hasil rapid positif," jelas Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat jumpa pers, Sabtu (18/4/2020).

Pemkab mencatat ada 50 warganya yang mengikuti acara keagamaan di Gowa Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil tracking kepada peserta dan keluarganya, ada 29 orang yang dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test.

"Dari 50 warga yang mengikuti acara keagamaan di Gowa Sulawesi Selatan belum semua dilakukan rapid test. Nanti yang belum segera menyusul," ujarnya.

Tak hanya dari klaster Ijtima Gowa, satu kasus virus Corona hasil rapid test lainnya merupakan warga yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Saat ini didapatkan dua orang positif berdasarkan hasil rapid test, keduanya memiliki riwayat perjalanan dari Amerika Serikat.

"Sebelumnya satu warga dinyatakan positif, dan sekarang jadi dua orang. Kasus ini juga masih berkembang. Sehingga kami masih melakukan pemantauan," terangnya.