Bupati Banyumas Ungkap Tak Ada Gejala Corona dari Warga Klaster Ijtima Gowa

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 18 Apr 2020 15:15 WIB
Bupati Banyumas, Achmad Husein memberi penjelasan terkait Virus Corona, Senin (16/3/2020).
Foto: Bupati Banyumas, Achmad Husein. (Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Bupati Banyumas Achmad Hussein mengungkap tak ada gejala virus Corona atau COVID-19 dari warganya yang terjangkit dari klaster Ijtima Gowa, Makassar. Hussein menyebut warganya yang terjangkit Corona itu masih beraktifitas seperti biasa.

"Tetapi memang orang itu tidak ada gejala, nyuci mobil biasa, nyupir biasa, ke pasar biasa. Kedekatan ini yang kita langsung cari cari lagi, sehingga yang sudah dapat pun kemudian kita isiolasi, tapi isolasi rumah sakit supaya bisa di cek kondisi paru paru nya," kata Bupati Banyumas Achmad Husein dalam melalui akun instagram @ir_achmadhusein seperti dikutip detikcom, Sabtu (18/4/2020).

Hussein menyebut ada 10 warganya yang diketahui positif Corona dari hasil rapid test. Bahkan, untuk menekan penyebaran virus Corona itu, pihaknya juga melakukan isolasi di satu wilayah di Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat.

"Yang Kober ini memang karena memang perkampungan dan jamaah untuk tempat ibadah. Ini kemudian berkembang menjadi banyak, yang sudah di tracking 10 (rapid test). Daerah sini kita akan isolasi total untuk di daerah Kober, kita akan mengisolasi total daerah itu. Ini yang kemungkinan besar masih bisa berkembang," jelasnya.

Hussein menyebut kasus Corona ini merupakan klaster Ijtima Dunia Gowa, Makassar. Hussein mengatakan beberapa warga Corona dari daerah tersebut sudah dibawa untuk diisolasi. Seorang warga peserta Ijtima Gowa yang diduga sebagai kasus pertama di Kober juga sudah dirawat di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo.

"Kemudian satu itu ternyata sudah ada di Margono, dan hasil swabnya positif itu yang di Patikraja, dan awal mula tidak ketahuan kalau itu dari Gowa. Begitu positif baru terus terang dari Gowa," urainya.

Hasil Tes Negatif, 161 Jemaah Ijtima Ulama Dunia di Gowa Dipulangkan: