Suara Dentuman Misterius di Sleman, TNI AU: Bukan dari Lanud

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 09:53 WIB
Heboh Langit Siberia Mendadak Gelap Berjam-jam di Siang Bolong
Ilustrasi (Foto: dok The Siberian Times)
Sleman -

Suara dentuman terdengar di sebagian wilayah Sleman dini hari tadi. Lanud Adisutjipto di Yogyakarta memastikan dentuman itu bukan berasal dari kegiatan di instansinya.

"Tidak ada kegiatan di Lanud Adisutjipto pagi tadi," Kapentak Lanud Adisitjipto, Mayor Sus Ambar Rejiyanti, Selasa (14/4/2020) pagi.

Menurut Ambar, di Lanud Adisutjipto, hanya ada kegiatan latihan penerbangan siswa sekbang (sekolah penerbangan). Itu pun dilakukan pukul 07.30 WIB.

"Lanud latihan penerbangan siswa sekbang saja, pukul segitu (3 dini hari) tidak ada aktivitas," ucapnya.


Dia menegaskan suara dentuman yang didengar oleh warga dini hari tadi bukan berasal dari aktivitas Lanud. "(Suara itu) bukan dari Lanud," tegasnya.

Sebelumnya, sebagian warga di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mendengar suara gemuruh dan dentuman misterius dini hari tadi. Peristiwa itu lalu ramai dibahas di media sosial.

Sementara itu, laporan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan tidak ada erupsi Gunung Merapi dini hari tadi.

BMKG juga menyampaikan tidak ada aktivitas gempa bumi di wilayah DIY dan sekitarnya sekitar pukul 03.00 WIB tadi. BMKG hanya mencatat gempa bumi magnitudo 3,4 di Pacitan, Jawa Timur, yang terjadi pada pukul 01.20 WIB.

Penjelasan Badan Geologi soal Erupsi Anak Krakatau dan Dentuman:

(mbr/mbr)