Warga Resah, Keluarga Positif COVID-19 di Purworejo Dievakuasi ke RS

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 13:20 WIB
RSUD dr Tjitrowardojo, Purworejo
RSUD Purworejo (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Meski sudah sesuai prosedur, namun masyarakat sekitar tetap merasa khawatir. Untuk menghilangkan stigma negatif dan tidak membuat panik warga, akhirnya keluarga yang terkonfirmasi positif Corona tersebut dievakuasi ke RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo dan telah diisolasi pada Kamis (9/4) malam tadi.

"Namun dengan pertimbangan munculnya keresahan di tengah masyarakat yang khawatir tertular, maka keluarga tersebut akhirnya kita evakuasi ke RSUD dr Tjitrowardojo. Selain dua orang yang merupakan bapak dan anak, turut dievakuasi juga sang istri, meskipun hasil test swab-nya belum keluar," jelasnya.


Darus juga menampik anggapan sebagian masyarakat bahwa warga positif COVID-19 itu sebelumnya tidak diisolasi di rumah sakit karena merupakan seorang pejabat di jajaran Pemkab Purworejo. Lebih lanjut Ia menganalogikan dengan kasus yang terjadi di negara-negara yang memiliki korban COVID-19 sangat banyak.

"Ini bukan masalah pejabat atau rakyat biasa, tapi karena prosedurnya memang seperti itu. Rakyat biasapun kalau positif COVID-19 tapi kondisi kesehatannya membaik, bisa diisolasi di rumah masing-masing," tambahnya.

"Kalau korban terus bertambah, rumah sakit bisa kekurangan ruang isolasi utamanya bagi PDP atau yang positif dengan kondisi kesehatan benar-benar bermasalah. Sehingga yang terkonfirmasi positif namun kondisi kesehatannya membaik ya dipulangkan saja untuk isolasi mandiri di rumah," lanjut Darus.

Halaman

(mbr/mbr)