Warga Resah, Keluarga Positif COVID-19 di Purworejo Dievakuasi ke RS

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 13:20 WIB
RSUD dr Tjitrowardojo, Purworejo
RSUD Purworejo (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Warga Kabupaten Purworejo yang terkonfirmasi positif COVID-19, bertambah satu lagi. Yang bersangkutan merupakan anak dari orang pertama yang sebelumnya juga terpapar virus Corona. Karena warga sekitar resah, keluarga tersebut akhirnya dievakuasi ke rumah sakit.

Juru Bicara Pemkab Purworejo dalam penanganan COVID-19, dr Darus memaparkan warga posirif Corona berjenis kelamin perempuan dengan umur sekitar 21 tahun tersebut pernah dirawat di RSUD dr Tjitrowardojo sebagai PDP. Namun karena kondisinya sudah membaik, maka diperbolehkan untuk isolasi mandiri di rumah.

"Sehari berada di rumah, hasil test swab yang bersangkutan keluar dan hasilnya positif," kata dr Darus ketika dihubungi detikcom, Jumat (10/4/2020).


Menanggapi kekhawatiran masyarakat, sesuai prosedur yang berlaku orang yang positif COVID-19 namun tidak ada keluhan maka tidak perlu menjalani perawatan di rumah sakit. Namun harus tetap melakukan isolasi mandiri, dengan pengawasan dan pemantauan ketat.

"Untuk istri terkonfirmasi pertama juga sudah diambil swab-nya, meskipun yang bersangkitan tidak dalam keadaan sakit," jelasnya.

Menurut informasi yang diperoleh detikcom, bahwa warga terkonfirmasi positif COVID-19 yang pertama berjenis kelamin laki-laki dengan umur sekitar 52 tahun itu merupakan salah satu pejabat di RSUD dr Tjitrowardojo. Namun dr Darus enggan menjelaskan lebih lanjut dengan alasan sesuai protokol komunikasi publik penanganan COVID-19, data dan identitas pasien tidak boleh disebarluaskan ke publik.

"Segala kebutuhan keluarga tersebut akan dilayani, sehingga mereka tidak perlu keluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya," lanjut Darus.

Asrama Haji Pondok Gede Siapkan Ruang Isolasi Bagi PDP Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2