Kebumen Siapkan RS Darurat Penanganan Virus Corona

Rinto Heksantoro - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 11:00 WIB
Kebumen siapkan RS darurat Virus Corona, Selasa (7/4/2020).
Kebumen menyiapkan RS darurat virus Corona, Selasa (7/4/2020). (Foto: dok. Pemkab Kebumen)
Kebumen -

Pemkab Kebumen, Jawa Tengah, menyiapkan rumah sakit darurat untuk mempercepat penanganan penyebaran virus Corona atau COVID-19. Rumah sakit tersebut juga sekaligus digunakan sebagai tempat karantina bagi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kebumen, memutuskan UPTD Klinik Pengobatan Penyakit Paru Kebumen akan difungsikan sebagai rumah sakit darurat penanganan COVID-19. Keputusan diambil setelah pihaknya meninjau klinik yang terletak di Jalan Gelatik 2A, Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen, itu pada Senin (6/4).

Bupati menargetkan rumah sakit darurat tersebut dapat beroperasi pada awal bulan Ramadhan mendatang, sehingga penanganan pasien COVID-19 di Kabupaten Kebumen bisa lebih optimal.

"Tempat ini sangat memungkinkan sebagai rumah sakit darurat karena fasilitas sudah tersedia, tinggal dirapikan saja. Saya minta sebelum Ramadhan terkait hal teknis selesai dikerjakan," kata Yazid Mahfudz ketika dihubungi detikcom, Selasa (7/4/2020).

Yazid menjelaskan, sejak dibangun pada 2014, klinik dengan dua lantai yang belum difungsikan itu mampu menampung sedikitnya 100 orang. Rumah sakit darurat ini, lanjut dia, juga sebagai tempat antisipasi membeludaknya jumlah ODP maupun PDP. Hingga hari ini, sudah ada 1.798 ODP dan 57 PDP di Kabupaten Kebumen.

Peran Penting Puskesmas dalam Memantau Penyebaran Virus Corona: