2 Pemudik dari Jakarta ODP dan PDP Masuk RS di Brebes, 1 Meninggal

Imam Suripto - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 14:50 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Brebes -

Dua orang pemudik warga Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) Virus Corona dilarikan ke rumah sakit karena mengalami demam. Salah seorang di antaranya meninggal dunia.

Saat dimintai konfirmasi, Camat Bantarkawung Eko Supriyanto mengatakan pemudik yang meninggal dunia adalah laki-laki berinisial F (29) yang berstatus ODP.

"Yang meninggal ini baru pulang dari Jakarta dan berstatus ODP (orang dalam pemantauan)," kata Eko, Senin (6/4/2020).

Eko menjelaskan, F mudik dari Jakarta dan tiba di rumahnya pada Sabtu (4/4) sekitar pukul 04.00 WIB. Sesuai prosedur, F menjalani pemeriksaan di posko gugus tugas kecamatan dan kondisi kesehatannya terpantau normal. Selesai diperiksa, F diperbolehkan pulang ke rumah.

"Bahkan hingga Minggu (5/4) sore menurut penuturan warga, masih sehat. Minggu malam mengeluh badan panas dan agak sesak," terang Eko yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Bantarkawung.

Kemudian sekitar pukul 22.00 WIB, F periksa ke puskesmas setempat dan selanjutnya dirujuk ke RSUD Banyumas. "Tapi RSUD Margono full bad. Keluarga pasien memilih RSUD Bumiayu dan menolak menggunakan ambulans," ujar Eko.

F akhirnya berangkat sendiri menggunakan mobil siaga Desa Bantarkawung. Namun setiba di RSUD Bumiayu, petugas menyarankan untuk dirujuk ke RS Margono Soekarjo Purwokerto.

"Karena pertimbangan (memakai) mobil tua, pasien akhirnya pulang kembali ke rumah," imbuh Eko.

Selanjutnya
Halaman
1 2