Round-Up

Nge-vlog Bareng Cucu, Amien Rais Bicara Virus Corona Tentara Allah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 07:43 WIB
Tangkapan layar Amien Rais dan cucu
Foto: Tangkapan layar Amien Rais dan cucu (YouTube Sofie & Sasha Rahmadi)
Yogyakarta -

Politikus senior Amien Rais mengisi waktunya di rumah saja dengan nge-vlog bareng cucunya. Lewat vlog itu, Amien juga berbagi tips mengisi waktu saat karantina mandiri di rumah selama pandemi virus Corona atau COVID-19. Apa saja?

Vlog itu diunggah Amien di akun Instagram @amienraisofficial. Video utuh vlog itu diunggah di akun YouTube Sofie & Sasha Rahmadi, Senin (30/3).

Dalam vlog itu, terlihat Amien dan cucunya bernama Sofie duduk di ruangan. Amien mengenakan kopiah berwarna krem dengan kemeja batik lengan panjang, sedangkan cucunya terlihat mengenakan kaus bergambar Minie Mouse yang dipadupadankan dengan kemeja warna biru.

Keduanya berbincang santai. Cucu Amien melakukan wawancara bak presenter dengan buku di tangannya. Pertanyaan Sofie diawali dengan usia Amien saat ini.

"Umurnya sekarang besok bulan April tanggal 26 insyaallah saya berumur 76 tahun," jawab Amien Rais seperti dikutip detikcom, Rabu (1/4/2020).

Sofie lalu bertanya soal pesan atau nasihat untuk dia yang mulai beranjak dewasa. Amien lalu menjawab beberapa poin, mulai patuh kepada orang tua hingga rajin salat.

"Pesannya Mbah Amien kamu cucuku yang saya cintai, tapi juga untuk cucu yang lain ya, pertama, patuh kepada ibu dan ayah," pesan Amien.

"Kedua, kalau sudah bisa salat, jangan pernah tinggalkan salat lima waktu. Jadi harus salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, Isya. Ketiga, mumpung masih muda, belajar sungguh-sungguh, belajar buku di sekolah dan jangan pernah lupa belajar buku Al-Qur'an," sambungnya.

Amien juga mengingatkan agar tidak pernah lupa berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Lagi-lagi Sofie cucunya itu bertanya tips tetap fit meski berada di rumah selama pandemi Corona ini.

"Ya artinya kalau tidur sepanjang waktu nanti pipinya tembem kalau tidur terus. Jadi kegiatan-kegiatan seperti di sekolah, baca buku, pada waktu belajar online ikuti baik-baik, makan juga harus tepat waktu, jangan sampai telat. Di halaman lari-lari kecil, kemudian baca buku," tuturnya.

"Saya tahu Sofie kan kutu buku, artinya buku besar-besar 300 halaman dalam bahasa Inggris dibaca 2-3 hari selesai. Bahkan diharuskan tiap hari baca Al-Qur'an paling tidak 10 menit setiap hari," urainya.


Percakapan Amien dan cucunya itu lalu berlanjut dengan kegiatan Amien Rais selama social distancing berlangsung. Amien mengaku dia kerap pergi ke perpustakaan untuk mengisi waktu.

Tak hanya itu, Amien juga mengaku selama pandemi Corona ini dirinya juga bisa mengaji hingga 10 juz. Ini menurut Amien sebagai berkah di balik musibah Corona.

"Paling tidak sehari tiga juz hampir pasti. Kalau ada tamu paling lima juz, ada kegiatan di luar jadwal, atau teman-teman akrab datang ya sehingga tidak mungkin 10 juz, tapi kalau tidak ada tamu 10 juz insyaallah. Selama social distancing ini beberapa kalilah 10 juz," ungkapnya.

Ragam Jenis Masker dan Plus Minusnya dalam Menghalau Virus Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3