Round-Up

Rumah Megah Eks Milik Koruptor Disulap Jadi Karantina ODP Corona di Solo

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 14:03 WIB
bekas rumah djoko susilo di solo
Rumah bekas milik koruptor Djoko Susilo di Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Yogyakarta -

Permohonan Peninjauan Kembali (PK) putri mantan Kakorlantas Irjen Djoko Susilo, Poppy Femialya, ditolak Mahkamah Agung (MA). Alhasil, perampasan rumah megah koruptor Djoko Susilo oleh negara sah secara hukum. Rumah itu pun kini resmi jadi milik Pemkot Solo.

Rumah megah yang disengketakan anak pertama Djoko Susilo itu berada di Jl Perintis Kemerdekaan No 70, Sondakan, Laweyan, Solo. Rumah itu ternyata sudah lama disiapkan Pemkot Solo menjadi museum Batik.

Rumah megah yang kini bernama Ndalem Priyosuhartan itu kini dialihfungsikan sebagai tempat karantina sementara orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona atau COVID-19.

"Betul, PK dari pihak keluarga sudah ditolak MA. Namun rencana kita menjadikannya sebagai Museum Batik ditunda dulu. Sementara dipakai untuk karantina ODP," kata Kepala Dinas Kebudayaan Solo, Kinkin Sultanul Hakim, Selasa (31/3/2020).

Kinkin menyebut hingga bulan lalu, Dinas Kebudayaan masih dalam tahap penganggaran untuk penataan Museum Batik. Namun mengingat saat ini masa darurat pandemi virus Corona (COVID-19), rumah megah itu pun disulap jadi tempat karantina.

Viral Video Anggota DPRD 'Mana Corona Biar Kutelan', Ini Kata Polisi: