Pandemi Corona

Profesor UGM Bagi Tips Berjemur Agar Bisa Perkuat Sistem Imun Tubuh

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 07:39 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Yogyakarta -

Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah terjangkit virus Corona (COVID-19). Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas adalah berjemur di bawah sinar matahari.

Guru besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof dr Madarina Julia, SpA(K), MPH, PhD, mengatakan tubuh manusia memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Sinar matahari ini menjadi sumber utama vitamin D alami, sementara hanya sedikit sekali yang berasal dari makanan.

"Vitamin D ini punya efek imunomodulator yang bisa memperbaiki sistem imun tubuh," jelasnya melalui keterangan tertulis yang dikirim oleh Humas UGM, Selasa (31/3/2020).

Sistem imun ini menjadi pertahanan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kekurangan vitamin D pada tubuh dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk berjemur guna mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup? Madarina menjelaskan waktu berjemur paling efektif adalah saat bayangan tubuh lebih pendek dari tinggi badan. Waktu berjemur yang dianjurkan sekitar 10-15 menit.

"Waktunya bisa mulai dari pukul 10.00 sampai 15.00 WIB. Jangan dilakukan lebih pagi karena paparan sinar mataharinya tidak mencukupi," tuturnya.

Gegara Corona, Jokowi Prediksi Defisit APBN Mencapai 5,07%:

Selanjutnya
Halaman
1 2