Corona Bikin Sepi Order, Ada Drive Thru Makan Gratis untuk Ojol Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 17:26 WIB
Para driver ojol kini bisa drive-thru nasi kotak di Semarang
Foto: Para driver ojol kini bisa drive-thru nasi kotak di Semarang (dok. Humas Pemprov Jateng)
Semarang -

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membagikan 1.000 nasi kotak kepada driver ojek online (ojol) yang masih nekat bekerja di tengah wabah Virus Corona atau COVID-19. Ini dilakukan untuk membantu para driver ojol yang orderannya sepi belakangan ini.

Pembagian nasi kotak ini dilakukan di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang. Pembagian nasi kotak ini dilakukan dengan format drive thru sehingga para driver bisa mengantre dengan motor dan tetap menjaga jarak.

Pembagian nasi kotak ini dimulai sejak pukul 11.00 WIB dan habis dalam 30 menit. Tidak hanya ojol, adan juga pengayuh becak yang kebagian nasi kotak ini.

Corona Bikin Sepi Order, Driver Ojol di Semarang Bisa Drive-Thru MakananFoto: Para driver ojol kini bisa drive-thru nasi kotak di Semarang (dok. Humas Pemprov Jateng)

Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Tengah, Edy Supriyanta mengatakan pemberian bantuan itu merupakan inisiatif Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Bantuan ini akan diberikan selama 14 hari ke depan.

"Iya, ini akan dilakukan selama dua pekan ke depan. Hari ini 1.000, besok rencananya ada 1.500 nasi kotak. Mengenai anggaran dari APBD dan bantuan PNS," kata Edy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/3/2020).

Salah seorang driver ojol, Sugeng mengakui di tengah wabah Corona ini omzetnya berkurang drastis. Selain itu dirinya juga was-was saat mendapat orderan ke rumah sakit atau pemberhentian angkutan seperti stasiun atau bandara.

"Ini (bantuan) cukup mengurangi beban para tukang ojek online. Orderan sepi," kata Sugeng.

(ams/sip)