Dosen UNS Bikin APD Murah, Diklaim Lebih Aman dan Nyaman

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 19:47 WIB
APD buatan dosen UNS yang diklaim lebih murah
Foto: APD buatan dosen UNS yang diklaim lebih murah (dok. Humas UNS)
Solo -

Kebutuhan alat pelindung diri (APD) untuk penanganan kasus virus Corona (COVID-19) semakin meningkat. Salah seorang dosen di Universitas Sebelas Maret (UNS) berinovasi membuat APD sendiri dengan harga murah namun diklaim memiliki tingkat perlindungan yang lebih baik.

Dia adalah dr Darmawan Ismail, dosen Fakultas Kedokteran UNS. APD buatannya diberi nama SUNS Proque yang merupakan singkatan dari Surgeon of UNS Protective Equipment.

"Ini memang bukan yang terbaik, tapi lebih baik daripada yang ada di pasaran. Bahan-bahannya mudah didapat dan murah," kata Darmawan, Senin (30/3/2020).

Keunggulan lainnya, APD ini lebih nyaman digunakan. Selama ini petugas medis kesulitan untuk buang air atau hanya sekadar mengusap keringat.

Dengan SUNS Proque, petugas bisa melakukan hal tersebut tanpa harus melepas APD. Darmawan merancang APD tersebut dengan dilengkapi multipurpose hole.

"Dengan lubang ini, tenaga medis bisa memposisikan masker, minum, membersihkan embun di dalam helm, sampai menggaruk wajah jika gatal," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2