Isolasi Mandiri, Kampung di Purworejo Ini Akan Dijaga Pocong!

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 11:33 WIB
Dusun Tuk Songo, Kelurahan, Purworejo, Kecamatan Purworejo isolasi diri dan dijaga pocong, Minggu (30/3/2020).
Foto pocong yang ternyata hasil unduhan dari sebuah grup WhatsApp.
Purworejo -

Salah satu kampung di Purworejo, Jawa Tengah mengisolasi diri demi mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Uniknya, jalan kampung tersebut rencananya dijaga oleh 'pocong'.

Direncanakan ada sosok 'pocong' berjaga di jalan masuk utama Dusun Tuk Songo, Kelurahan, Purworejo, Kecamatan Purworejo. Pocong itu nantinya sengaja disiagakan untuk mengawasi warga kampung atau luar kampung yang hendak keluar masuk wilayah tersebut.


Kampung Tuk Songo saat ini tengah melakukan isolasi mandiri demi mencegah penyebaran virus corona. Isolasi mandiri ini direncanakan akan berlangsung sampai waktu yang belum ditentukan hingga suasana kondusif.

"Ini kita gotong-royong melawan Corona dari tingkat bawah dengan swadaya di lingkungan masing-masing dengan cara mengisolasi diri," kata tokoh masyarakat setempat, Angko Setiyarso Widodo (60), Minggu (30/3/2020).

Karena diisolasi, semua jalan masuk kampung ditutup dan warga hanya boleh melewati satu jalan yang dijaga oleh dua 'pocong' itu. Bukan hantu, melaikan warga setempat yang didandani seperti pocong.

(Judul dan sebagian isi berita ini dimutakhirkan Rabu (1/4/2020) pukul 13.10 WIB. Narasumber berita ini meralat pernyataannya karena rencana menggunakan pocong ini akhirnya dilarang oleh Koramil dan Kelurahan)

Ramai Desak 'Lockdown', Begini Aturan Hukum Soal Penutupan Wilayah:

Selanjutnya
Halaman
1 2