Cegah Corona, Desa di Purworejo Ini Juga 'Lockdown'

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 15:42 WIB
Penutupan akses jalan di Desa Grantung, Purworejo, MInggu (29/3/2020).
Penutupan akses jalan di Desa Grantung, Purworejo, MInggu (29/3/2020). (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Satu desa di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah menutup akses keluar masuk atau 'lockdown'. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Desa yang 'lockdown' itu adalah Desa Grantung, Kecamatan Bayan. Warga setempat bersama-sama menutup akses jalan desa hari ini.

"Pentutupan jalan ini untuk mencegah penyebaran virus Corona," kata Kepala Desa Grantung, Sujani ketika ditemui detikcom di lokasi penutupan jalan, Minggu (29/3/2020).

Sujani menjelaskan, warga menutup seluruh akses jalan desa dan hanya ada satu jalan utama yang bisa diakses. Siapapun yang hendak keluar masuk desa tersebut harus melalui jalan utama dan di-screening serta disemprot disinfektan terlebih dahulu.

"Warga menutup seluruh akses jalan dan hanya ada satu jalan utama yang bisa diakses yakni Jalan Ampera sebagai jalan utama. Siapapun yang lewat harus melalui screening dan disemprot disinfektan," terangnya.

Jalan utama tersebut dijaga oleh Satgas COVID-19 Desa Grantung yang telah dibentuk dan berjaga selama 24 jam penuh dengan tiga kali shift. Hal tersebut dilakukan berdasarkan Musyawarah Desa (Musdes) dan sebagai tindak lanjut status Tanggap Darurat yang telah ditetapkan Bupati Purworejo mulai 28 Maret-29 Mei 2020.

"Rencananya 'lockdown' ini akan berlangsung selama masa Tanggap Darurat Kabupaten Purworejo yakni sampai dengan 29 Mei 2020," tandasnya.

(rih/rih)