Hadapi Datangnya Pemudik di Tengah Pandemi Corona, Pemda DIY Lakukan Ini

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 23:26 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) membentuk tim gabungan yang bersiaga di 4 terminal Bus untuk menghadapi datangnya pemudik di tengah pandemi Virus Corona. Nantinya, semua bus yang akan masuk ke DIY harus melalui Terminal.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Biwara Yuswantana mengatakan, banyaknya orang yang masuk DIY dalam beberapa hari ini menjadi sorotan Pemda DIY. Pihaknya mengaku telah menggelar rapat dengan Dishub, TNI, Polri dan instansi terkait lainnya.

"Kita menyepakati untuk menyusun rencana operasi terhadap kendaraan, dalam hal ini bus yang masuk DIY. Jadi bus yang masuk harus masuk ke Terminal dahulu," katanya saat jumpa pers di Gedung Pusdalops BPBD DIY, Jalan Kenari, Kota Yogyakarta, Sabtu (28/3/2020).

Sesampainya di terminal, nantinya para pendatang akan menjalani pendataan seperti lokasi tujuan ke DIY dan dalam rangka apa. Selain itu, pihaknya akan melakukan thermo scanner dan penyemprotan disinfektan kepada para pendatang.

"Nanti ada tim gabungan yang ada di Terminal Jombor, Giwangan, Wates dan Wonosari. Tim terdiri dari Dishub, TNI, Polri juga Dinkes untuk penanganan lebih lanjut jika diperlukan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2