Usir Corona dan Doakan Ibunda Jokowi, FX Rudy-Seniman Gelar Umbul Donga

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 23:53 WIB
Umbul donga di Solo doakan ibunda Jokowi dan usir Corona
Foto: Umbul donga di Solo doakan ibunda Jokowi dan usir Corona (Bayu/detikcom)
Solo -

Para seniman dan budayawan Solo menggelar umbul donga atau doa bersama agar pagebluk atau wabah virus Corona (COVID-19) segera berakhir. Tak hanya berdoa agar wabah segera berakhir, mereka juga mendoakan ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo yang tutup usia.

Prosesi umbul donga dilaksanakan dengan beberapa acara. Seperti tari-tarian, pembacaan doa hingga makan tumpeng bersama-sama.

Umbul donga digelar di joglo rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Kamis (26/3) malam. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo juga mengikuti umbul donga ini.

Terdengar gending-gending Jawa yang dipadu dengan tarian yang menyimbolkan sebagai penolak bala. Seluruh peserta tampak khidmat dalam umbul donga.

Usir Corona dan Doakan Ibunda Jokowi, FX Rudy-Seniman Gelar Umbul DongaFoto: Umbul donga di Solo doakan ibunda Jokowi dan usir Corona (Bayu/detikcom)


Dalam situasi wabah virus Corona ini, para peserta tak lupa mengenakan masker. Jarak antara peserta juga diatur minimal satu meter.

"Umbul donga untuk tolak bala adalah adat tradisi sebagai orang Jawa ini berbagai ikhtiar kita lakukan bersama-sama. Dulu waktu pagebluk penyakit pes itu dari keraton juga mengadakan acara untuk umbul donga," kata Rudy seusai acara, Kamis (26/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2