Gagal Diversi, Kasus Penyiksaan Siswi SMP Purworejo Lanjut Disidang

Rinto Heksantoro - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 15:04 WIB
Suasana tempat diversi kasus penyiksaan siswi SMP Purworejo di PN Purworejo, Selasa (23/3/2020).
Suasana tempat diversi kasus penyiksaan siswi SMP Purworejo di PN Purworejo, Selasa (24/3/2020). (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Langkah diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana terkait kasus penyiksaan siswi SMP di Purworejo, Jawa Tengah berakhir gagal. Kasus itu akhirnya berlanjut ke meja hijau.

Diversi secara tertutup berlangsung di ruang diversi Pengadilan Negeri Purworejo, siang ini. Proses tersebut dihadiri pihak keluarga tersangka dan keluarga korban. Diversi dipimpin langsung oleh Hakim Pengadilan Negeri Purworejo, Samsuri Hidayat selaku fasilitator.

Namun, diversi tersebut menemui jalan buntu. Meski sudah memaafkan perbuatan para tersangka, keluarga korban tetap meminta agar proses hukum terus dilanjutkan.

"Hasilnya diversi gagal dan dilanjutkan di persidangan nanti. Orang tua korban sudah memaafkan tapi tetap minta dilanjutkan ke persidangan. Biarlah pengadilan yang memutuskan, orang tua korban menyerahkan semua ke pengadilan," kata kuasa hukum korban, Dewa Antara ketika ditemui detikcom usai diversi, Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, orang tua korban berinisial SR (49) menyebut mendapatkan ancaman dan intimidasi dari salah satu pihak keluarga tersangka jika kasus tersebut dilanjutkan ke meja hijau. Karena merasa terancam, justru pihak keluarga korban semakin mantap untuk melanjutkan kasus tersebut di pengadilan.

Selanjutnya
Halaman
1 2