Pandemi Corona

Jemaat Berkurang, Kebaktian Umat Kristiani Klaten Tetap Khidmat

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 12:31 WIB
Kebaktian di Klaten dalam kondisi wabah Corona, 22/3/2020
Kabaktian di GKJ Mayungan. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Pelaksanaan ibadah di gereja-gereja di wilayah Kabupaten Klaten, Jateng, ada yang tetap berjalan seperti biasa di tengah merebaknya virus Corona. Meskipun jumlah jemaat yang hadir berkurang, ibadah pagi tetap berlangsung.

"Saya hitung yang ikut kebaktian ada 68 orang. Berkurang banyak," ungkap Harno Sakino, jemaat GKJ Ketandan, Kecamatan Klaten Utara pada detikcom, Minggu (22/3/2020) pagi.

Harno yang juga Sekretaris Komisi Rekomendasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten itu mengatakan di gerejanya ada pengurangan waktu kebaktian. Kebaktian pagi ditiadakan.

"Di gereja di tempat kami ada di dalamnya, Gereja Ketandan biasanya ibadah 3 kali. Jam 06.00 WIB, 08.00 WIB dan 17.00 WIB tapi yang jam 06.00 WIB ditiadakan," lanjut Harno.


Dikatakan Harno dari pemantauannya ibadah tetap dilaksanakan. Antara lain di GKJ Mayungan, Karanganom dan Manjung. "Di Mayungan dan Manjung juga tetap dilaksanakan ibadah. Sesuai arahan, pelaksanaan ibadah untuk menyesuaikan masing-masing lokal," imbuh Harno.

Di luar Majelis GKJ Ketandan, tambah Harno, ibadah juga berlangsung biasa. "Di wilayah kami kondusif. Ini tadi dari share teman di GKJ Gayamprit juga berlangsung seperti biasa," tambah Harno.

Sesuai arahan protokol Covid-19, lanjut Harno, gereja di wilayah Ketandan menyediakan hand sanitizer, tidak ada salaman. Selain itu juga memberikan imbauan-imbauan ke jamaat agar aman.

Selanjutnya
Halaman
1 2