Diguyur Hujan Lebat, Saluran Irigasi di Kulon Progo Jebol

Sayoto Ashwan - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 22:12 WIB
Saluran irigasi sepanjang 40 meter di Pedukuhan Gayam, Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo ambrol, Sabtu (21/3/2020).
Saluran irigasi di Pedukuhan Gayam, Kalurahan Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo ambrol, Sabtu (21/3/2020). (Foto: Sayoto Ashwan/detikcom)
Kulon Progo -

Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Kulon Progo menyebabkan saluran irigasi sepanjang 40 meter di Pedukuhan Gayam, Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan jebol. Bangunan ini baru sekitar tiga bulan selesai dibangun.

Salah seorang warga setempat, Endro Suparno mengatakan pada Jumat (20/3) malam wilayahnya diguyur hujan yang sangat deras hingga beberapa jam.

Kemudian sekitar pukul 22.00 WIB, ada warga yang tinggal di bawah saluran yang jebol mengabarkan kalau ada suara gemuruh dari arah saluran irigasi. Malam itu juga dia mengecek bersama dengan warga lain dan mendapati saluran irigasi jebol dengan kondisi air yang cukup deras.

"Saat kami cek sudah ambrol dan airnya memang penuh," jelasnya kepada wartawan Sabtu (21/3/2020).

Saluran air ini memiliki lebar sekitar 1,5 meter dan ketinggian sekitar 2 meter. Lokasi yang jebol tidak dilengkapi dengan penyangga. Diduga karena airnya penuh, dinding irigasi tidak kuat menahan air hingga mengakibatkan ambrol.

"Ini tidak ada tiang penyangganya, mungkin dinding tidak kuat sampai jebol," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2