Mengintip Sepinya Candi Borobudur yang Ditutup Gara-gara Corona

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 15:27 WIB
Candi Borobudur pasca penutupan sementara, Jumat (20/3/2020)
Foto: Candi Borobudur. (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Suasana Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tampak sepi. Kawasan yang biasanya ramai, kini sepi tak ada pengunjung pasca-penutupan sementara terkait virus Corona atau COVID-19.

Pantauan detikcom di Candi Borobudur, Jumat (20/3/2020) siang, terlihat pintu utama masuk jalur pengunjung ditutup. Pagar tersebut tampak ditutup dan dikunci.

Di lokasi area parkir mobil pribadi juga tampak sepi. Kios-kios pedagang yang berada di dekat lokasi parkiran juga tutup.

Pemandangan serupa juga terlihat di tiket masuk untuk turis domestik maupun mancanegara. Tak ada pengunjung yang terlihat tapi masih ada karyawan berjaga di lokasi.

Sementara itu petugas kebersihan terlihat sibuk bersih-bersih di kawasan Candi Borobudur. Penutupan Candi Borobudur ini berlaku mulai hari ini hingga Minggu (29/3).

Meski penutupan ini sudah diumumkan, ternyata ada beberapa pengunjung yang kecele. Mereka kecewa karena sudah sampai di Magelang, namun Borobudur tutup.

"Kami berdua datang dari Jakarta. Main ke Yogya terus main ke sini (Candi Borobudur). Kami baru tahu kalau ditutup sampai sini, tapi di Google maps masih buka," ujar Tejo, wisatawan dari Jakarta saat ditemui di kompleks Candi Borobudur, Jumat (20/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2