Masjid Agung Brebes Gelar Jumatan, Jemaah Membeludak

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 15:22 WIB
Suasana salat Jumat di Masjid Agung Brebes, Jumat (20/3/2020).
Suasana salat Jumat di Masjid Agung Brebes, Jumat (20/3/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Masjid Agung Brebes, Jawa Tengah, tetap menggelar salat Jumat berjamaah di tengah mewabahnya virus Corona (COVID-19) hari ini. Pengurus masjid memastikan masjid tersebut sudah disterilkan dengan disinfektan agar jemaah merasa tenang dan nyaman.

Pantauan detikcom, jemaah yang datang ke Masjid Agung Brebes tetap membeludak. Dua lantai masjid terisi penuh jemaah salat Jumat.

Tidak hanya warga sekitar Brebes kota, salat Jumat di Masjid Agung Brebes ini juga diikuti oleh jemaah asal luar daerah. Terlihat dari banyaknya mobil berpelat nomor luar Brebes yang terparkir di halaman masjid.

Masjid Agung Brebes Gelar Jumatan, Jemaah MembeludakSuasana salat Jumat di Masjid Agung Brebes, Jumat (20/3/2020). Foto: Imam Suripto/detikcom

Pengurus Masjid Agung Brebes, Cobandono Andi, mengatakan tetap menyelenggarakan salat Jumat setelah seluruh lantai dan bagian dalam masjid disemprot dengan disinfektan. Karpet masjid juga sudah digulung.

"Semua lantai tidak ada karpetnya. Jemaah bawa alas sujud sendiri-sendiri. Lantai ini juga sudah disterilkan kemarin. Insyaallah bersih, aman dari penularan virus," kata Andi ditemui usai salat Jumat.

Untuk tetap menjaga lantai masjid tetap bersih, usai salat Jumat dilakukan bersih-bersih dengan cara dipel menggunakan cairan pembersih.

"Kami tetap dukung upaya pemerintah yang sedang menangani penyebaran virus Corona. Cara yang ditempuh adalah dengan menjaga kebersihan masjid. Selalu dibersihkan setiap saat," ujarnya.

(rih/sip)