Kisah Juru Parkir di Klaten, Baca Al-Qur'an Saat Sela Kerjanya di Trotoar

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 11:48 WIB
Sutarjo, juru parkir yang selalu mengaji di trotoar di sela pekerjaannya, Klaten, Jumat (20/3/2020).
Foto: Sutarjo, juru parkir yang selalu mengaji di trotoar di sela pekerjaannya, Klaten, Jumat (20/3/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sutarjo (48), seorang juru parkir di Kabupaten Klaten tampak sibuk membaca Al-Qur'an di sela pekerjaannya. Dia khusyuk mengaji di pinggir trotoar di dekat kendaraan yang sedang terparkir.

"Saya ngaji di sini sambil kerja ya sejak jadi juru parkir tahun 2013. Sebelumnya narik becak di Mlinjon juga sudah saya amalkan, pokoknya setiap ada waktu longgar," kata Sutarjo saat ditemui detikcom di Jalan Pemuda Tengah depan simpang lima Plasa Klaten, Jumat (20/3/2020).

Sutarjo mengaku kebiasaannya membaca Al-Qur'an itu dilakukannya dengan satu tujuan yakni untuk selalu mengingat Allah saat hidup. Sehingga, lanjut Sutarjo, jika nantinya mati dia diberikan jalan husnul khatimah.

"Pokoknya selalu eling (ingat) pada Allah. Tujuan kita ingin mati husnul khatimah dan masuk surga dan kita cari tabungan akhirat," lanjut Sutarjo.

Pria kelahiran Ngawi ini meyakini setiap huruf yang dibaca ada kebaikan dan pahala. Kalau satu huruf ada 10 kebagusan dia yakin sehari akan dapat banyak kebaikan.

"Kalau satu huruf 10 kebagusan, kalau saya sehari bisa dua juz maka sudah banyak tabungan. Wallahualam, soal pahala biar Allah," sambung Sutarjo.

Dikatakan Sutarjo, dalam sehari dia bisa membaca dua juz dan sebulan khatam dua kali. Dua juz ayat Al-Qur'an itu dibacanya di sela tugas menjaga parkir mulai pukul 08.30-16.00 WIB.

"Saya di sini mulai 08.30-16.00 WIB. Ngajinya ya kalau pas longgar tapi setiap hari minimal dua juz dapat," tutur Sutarjo.

Selanjutnya
Halaman
1 2