Tawur Agung Kesanga di Prambanan Tetap Diadakan dengan Catatan Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 18:54 WIB
Ribuan umat Hindu hadir dalam prosesi upacara Tawur Agung Kesangan 2019 di Candi Prambanan. Upacara itu menjadi rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi.
Tawur Agung Kesanga 2019 di Candi Prambanan. (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Sleman -

PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko telah mengumumkan penutupan operasional sementara mulai tanggal 20 Maret hingga 29 Maret 2020. Padahal tanggal 24 Maret mendatang, umat Hindu akan melakukan upacara Tawur Agung di Candi Prambanan.

Terkait hal tersebut, Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono memastikan upacara Tawur Agung tetap bisa dilaksanakan. Hanya saja dengan beberapa pertimbangan.

"Khusus acara itu kami lakukan koordinasi dengan penyelenggara dan kita sepakat lakukan pembatasan," kata Edy di Taman Wisata Candi Prambanan, Kamis (19/3/2020).

"Tidak rangkaian acara secara penuh hanya acara ritual keagamaan saja," tegasnya.

Upacara Tawur Agung, biasanya diikuti oleh puluhan ribu umat Hindu dari seluruh Indonesia. Namun, Edy mengatakan untuk upacara tahun ini jumlah umat yang melakukan upacara akan dibatasi.

"Pembatasannya saya kira akan kita batasi betul-betul hanya terkait ritual keagamaan dan jumlahnya (peserta) tidak akan banyak," bebernya.

Selanjutnya
Halaman
1 2