Corona Merebak, Mahasiswa UAJY Kuliah Online dan Tak Ada KKN

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 00:47 WIB
Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Foto: Istimewa)
Yogyakarta -

Bertambahnya jumlah kasus positif Virus Corona atau COVID-19 membuat banyak kampus memutuskan melangsungkan proses kegiatan belajar mengajar lewat sistem online. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memberlakukan kuliah online mulai Senin (16/3) dan memutuskan meniadakan kuliah kerja nyata (KKN) untuk semester genap tahun ajaran (TA) 2019/2020.

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran rektor nomor 82/In/R tentang antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan UAJY. Dalam surat edarannya, Rektor UAJY Prof Ir Yoyong Arfiadi menegaskan seluruh kegiatan pembelajaran UAJY untuk sisa semester ini dilakukan lewat sistem online.

"Mulai hari Senin, 16 Maret 2020 sampai akhir Semester Genap TA 2019/2020 seluruh proses pembelajaran (perkuliahan, UTS, UAS, ujian kerja praktek, ujian magang, ujian pendadaran) dilaksakana secara daring," kata Yoyong dalam surat edaran tertulisnya seperti dilihat detikcom, Minggu (15/3/2019).

Yoyong mengatakan kegiatan praktikum tidak dilaksanakan di laboraturium menyusul situasi saat ini. Sebagai gantinya, praktikum diberikan lewat metode lain yang tidak memerlukan kehadiran fisik ke kampus seperti demonstrasi secara visual melalui video dan atau simulasi.

Kebijakan UAJY lainnya adalah untuk menghentikan sementara kegiatan akademik yang melibatkan tamu dari luar. Selain itu juga kegiatan dengan banyak peserta seperti seminar dan kuliah umum untuk sementara dilarang.

Selanjutnya
Halaman
1 2