Solo KLB Corona, UNS dan UMS Terapkan Kuliah Online

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 18:17 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Selasa (7/8/2018).
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Menyusul penetapan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona (COVID-19) oleh Pemkot Solo, perguruan tinggi juga membuat kebijakan. Kuliah tatap muka di Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) diganti dengan kuliah online.

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan telah menyebarkan surat edaran kepada seluruh civitas akademika. Selain berdasarkan KLB Pemkot Solo, dia juga memperhatikan status pandemi yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

"Terhitung 16-28 Maret 2020, sistem pembelajaran tatap muka diganti secara daring (online). Sedangkan kegiatan praktik laboratorium, praktik lapangan dan praktik lainnya dapat dijadwalkan ulang atau diganti metode lain disesuaikan perkembangan kejadian," kata Jamal dalam rilisnya, Sabtu (14/3/2020).

Kemudian pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat juga diminta untuk dijadwalkan ulang disesuaikan dengan situasi. Jamal juga menegaskan agar kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar harus ditunda.

"Semua dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan diminta menunda perjalanan ke luar negeri. Pimpinan fakultas dan program studi diminta berkoordinasi dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri untuk mencari penyelesaian yang sebaik-baiknya. Kami juga menganjurkan untuk tidak melakukan perjalanan di dalam negeri yang tidak penting," katanya.

Tonton juga Tekan Corona, Anies Tutup Sekolah Selama 2 Minggu :