Mumtaz Rais Yakin Banget PAN Bakal Dukung Gibran, Kenapa?

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 21:58 WIB
Mumtaz Rais
Foto: Mumtaz Rais (dok.detikcom)
Yogyakarta -

Putra Amien Rais, Mumtaz Rais yakin banget PAN bakal memberikan dukungan ke putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo. Padahal Ketua DPD PAN Solo Achmad Sapari menyebut pihaknya belum memberikan dukungan ke salah seorang bakal calon Wali Kota Solo. Kenapa?

"Mumtaz ini bukan orang baru, sudah jadi anggota dewan dua periode sebelumnya, meski di struktur tidak semenonjol Hanafi (Rais). Jadi ada satu sisi di internal PAN jangan-jangan dia menggiring opini publik soal dukungan PAN," kata dosen Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM, Arya Budi saat berbincang dengan detikcom, Kamis (12/3/2020).

Arya menyebut bisa saja pernyataan itu memang sengaja dilontarkan Mumtaz untuk tes ombak melihat respons publik.

"Jangan-jangan itu bagian strategi PAN tes ombak, jika dukungan disampaikan ke Gibran, jadi statement media selalu punya alasan bagi politisi, yang saya baca itu cara dari PAN atau Mumtaz untuk dapat dukungan dan respons publik," jelasnya.

Sebelumnya, Mumtaz yang juga menantu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut PAN sudah memberikan dukungan ke Gibran. Hal itu dia sampaikan saat ditanya soal pencalonannya maju di Pilkada Sleman. Mumtaz berharap PDIP juga bisa mendukungnya melalui PDIP Sleman.

Selanjutnya
Halaman
1 2