Melihat Lagi Perjalanan Raja dan Ratu Belanda Sehari di Yogyakarta

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 12:20 WIB
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menerima Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima di Gedhong Jene, Yogyakarta.
Raja Willem Alexander bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Rabu (11/3/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda berkunjung di Yogyakarta kemarin. Dalam sehari, keduanya mendatangi sejumlah tempat, mulai Keraton hingga Candi Prambanan.

Rombongan Raja Belanda ini mengawali agendanya mengunjungi Keraton Yogyakarta pada siang hari. Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyambut kedatangan rombongan Raja Belanda.

Tak sendirian, Sultan HB X didampingi GKR Hemas dan putri-putrinya. Sultan kemudian menggelar pertemuan tertutup dengan Raja dan Ratu Belanda di Gedhong Jene.

Selanjutnya, kedua raja itu saling bertukar cenderamata. Cenderamata dari Sultan kepada Raja Belanda berupa blangkon yang terbuat dari perak.

Setelah bertukar cenderamata, Sultan beserta keluarga dan Raja-Ratu Belanda melakukan sesi foto di depan Gedhong Jene. Selanjutnya, mereka menuju ke Bangsal Kencana untuk melihat pertunjukan tari Beksan Lawung Ageng.

Sultan HB X mengungkap Raja Belanda mengenang kunjungan sebelumnya ke Keraton Yogyakarta.

"Hanya kenangan (Raja Belanda ke Keraton), ya beliau (Raja Belanda) untuk kedua kalinya kembali di sini hanya dulu ikut ibunya, Ratu Beatrix. Sekarang beliau sendiri yang hadir bersama Queen (Ratu Maxima) dengan posisi yang berbeda (seorang Raja Belanda)," kata Sultan kepada wartawan di Regol Donopratopo, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (11/3).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2