Besok, Raja dan Ratu Belanda Kunjungi Keraton Yogyakarta

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 22:32 WIB
Belanda membawa pulang keris Pangeran Diponegoro. Keris tersebut sempat dipajang di Istana Bogor.
Presiden Jokowi bersama Raja dan Ratu Belanda di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (10/3/2020). (Foto: Dok. Biro Setpres)
Yogyakarta -

Raja Belanda, Willem Alexander bersama Ratu Maxima akan mengunjungi Yogyakarta, Rabu (11/3/2020) besok. Dalam kegiatan tersebut, Raja dan Ratu Belanda direncanakan mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kampung Cyber di Kecamatan Keraton, UGM dan Candi Prambanan.

Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menjelaskan, kedatangan Raja Willem Alexander bersama Ratu Maxima ke Yogyakarta dalam rangkaian kunjungan resmi Kerajaan Belanda ke Indonesia. Menurutnya, Raja dan Ratu Belanda akan tiba di Yogyakarta besok pagi.

"Rencananya (Raja dan Ratu Belanda) tiba di Yogyakarta besok pagi, setibanya di Bandara Adisutjipto rombongan akan disambut oleh Bapak Wakil Gubernur DIY," ucapnya saat dihubungi detikcom, Selasa (10/3/2020).

Selanjutnya, kata Ditya, rombongan akan menuju Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ditya memperkirakan bahwa rombongan Kerajaan Belanda akan tiba di Keraton jelang siang hari.

"Diperkirakan tiba (di Keraton) pukul 11.00 WIB. Di Keraton, Raja dan Ratu Belanda akan disambut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama istri dan keluarganya," ucapnya.

Menyoal agenda di Keraton sendiri, Ditya mengungkapkan bahwa rombongan Kerajaan Belanda akan menyaksikan penampilan tari klasik hingga jamuan makan siang.

"Seperti beberapa tamu kenegaraan lainnya, Raja dan Ratu Belanda akan diterima di Gedung Jene oleh keluarga inti Keraton (Ngayogyakarta Hadiningrat), dilanjutkan dengan menyaksikan bersama-sama tarian klasik dari Keraton dan diakhiri dengan jamuan makan siang," katanya.

Usai kunjungan ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, rombongan akan bertolak ke Kampung Cyber di RT 36/RW 09, Kelurahan Patehan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta. Tak hanya itu, setelah dari Kampung tersebut, Raja dan Ratu Belanda akan mengunjungi dua tempat di Kabupaten Sleman.

"(Dari Keraton) Kunjungan akan dilanjutkan ke Kampung Cyber, UGM dan malamnya dinner dan menyaksikan sendratari Ramayana di Candi Prambanan," ucapnya.

(rih/mbr)