Keren! Dosen UGM Bikin Hand Sanitizer Pakai Daun Sirih Teknologi Nano

Aditya Mardiastuti - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 15:27 WIB
Dosen UGM bikin hand sanitizer berbahan daun sirih teknologi nano
Dosen UGM bikin hand sanitizer berbahan daun sirih teknologi nano (dok. Humas UGM)
Yogyakarta -

Sejak virus Corona atau COVID-19 merebak, produk hand sanitizer maupun masker menjadi langka karena diburu masyarakat. Salah seorang dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan hand sanitizer teknologi nano berbahan daun sirih.

"Bahan baku yang digunakan dari daun sirih hijau yang banyak digunakan sebagai obat tradisional dan menjadi kearifan lokal warisan nenek moyang," kata dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr rer nat Ronny Martien, MSi, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom dari humas UGM, Selasa (10/3/2020).

Ronny mengatakan produk ini diberi nama Spray Nanopolimer Infusa Daun Sirih. Daun sirih hijau dipilih sebagai bahan baku karena memiliki aktivitas antibakteri yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Staphylococcus auerus dan Escherichia coli.

Selain itu, penggunaan antibiotik sintetik banyak menimbulkan resistensi bakteri sehingga diperlukan formulasi dari bahan herbal seperti daun sirih hijau. Ronny pun membutuhkan waktu satu tahun hingga akhirnya mendapatkan formulasi yang tepat.

Tonton video Polemik Foto Blur Mahasiswi Geografi UGM, Dekan Perintahkan Dihapus:

Selanjutnya
Halaman
1 2