Selain Terjang SPBU, Angin Kencang juga Rusak 15 Rumah Warga Ambarawa

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 08 Mar 2020 21:34 WIB
SPBU 44.507.16 yang berada di Jalan Raya Bawen-Pingit KM 41.5, Ngampin, Ambarawa, Semarang, porak poranda dihantam angin kencang. Begini kondisinya.
SPBU Ambarawa yang rusak diterjang angin kencang. (Foto: dok. Pertamina)
Kabupaten Semarang -

Angin kencang yang merusak SPBU di Ambarawa hingga porak poranda ternyata juga menyebabkan 15 rumah rusak. Kerusakan berupa atap rusak dan juga tertimpa pohon.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto memberikan hasil pendataan BPBD Kabupaten Semarang. Disebutkan kerusakan ada di Desa Gondoriyo, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.

"Terdampak 15 rumah rusak ringan, 1 SPBU rusak," kata Sudaryanto, Minggu (8/3/2020).


Dari 15 rumah rusak ringan itu mayoritas karena atap yang diterjang angin. Ada 2 di antaranya yang rusak akibat pohon tumbang yang juga diakibatkan angin kencang.

"Angin puting beliung menyebabkan pohon tumbang yang menimpa rumah dan memporakporandakan sebagian genting dan atap asbes," jelasnya.

BPBD Kabupaten Semarang sudah mengupayakan bantuan dengan memotong dahan-dahan pohon yang tumbang dan membersihkan material yang berhamburan.


Untuk diketahui, siang tadi puting beliung merusak SPBU 44.507.16 di Jalan Raya Bawen-Pingit KM 41.5, Ngampin, Ambarawa. Angin yang berputar kencang mengangkat atap SPBU dan memporakporandakannya. Satu petugas terluka di kaki akibat peristiwa itu.

(alg/mbr)