Keraton Surakarta Beri Gelar Kanjeng Mas Ayu kepada Risma

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 00:28 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton Surakarta, Rabu (4/3/2020).
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton Surakarta, Rabu (4/3/2020). (Foto: Istimewa)
Solo -

Keraton Kasunanan Surakarta memberikan gelar bangsawan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Namanya kini menjadi Kanjeng Mas Ayu Dr (HC) Ir Tri Rismaharini Kelaswari, MT.

Pemberian gelar dilakukan oleh Raja Keraton Kasunanan Surakarta, SISKS Pakubuwono XIII di Sasana Sewaka, Rabu (4/3/2020). Dengan gelar tersebut, Risma kini dianggap sebagai keluarga kerajaan.

"Alasan Sinuhun (sebutan raja) memberikan gelar, mungkin karena dianggap berprestasi. Nama belakang dan pangkat yang diberikan itu rahasia Sinuhun," ujar salah satu perwakilan Keraton Surakarta, Kanjeng Raden Mas Panji Kusumo Wicitro.

Sementara Risma mengaku tidak membayangkan memperoleh penghargaan dari Keraton Kasunanan Surakarta.

"Seneng ya. Nggak pernah mimpi, nggak pernah membayangkan," kata Risma.

Namun dia merasa memikul beban tersendiri dengan gelar tersebut. Dia mengaku harus lebih menjaga sikap dengan gelar bangsawan itu.

"Makin berat, saya harus jaga.. Masa gelar Kanjeng Mas Ayu tapi polahe pencilakan, jadi saya ya wedi (takut). Kan harus jaga sikap. Aku biasane seenaknya sendiri," katanya.

Politisi PDIP itu mengatakan tidak pernah bertemu Pakubuwono XIII sebelumnya. Dia pun tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan dari sang raja.

"Saya terus terang agak takut. Saya orang Surabaya, apa ya pantes. Tapi dari keraton menghubungi terus. Undangan ini kalau nggak salah sudah dua bulan lalu. Mungkin Sinuhun tahu saya di Solo, makanya hari ini dihaturkan," ungkapnya.

(bai/rih)