Imbau Warga Tak Borong Masker, Sultan HB X: Kalau Sehat Tak Usah Pakai

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 20:03 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Kepatihan, Selasa (3/3/2020).
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Kepatihan, Selasa (3/3/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menyikapi adanya 2 WNI yang positif virus corona. Salah satunya dengan tidak memborong masker.

"Ya saya berharap tidak sampai di situ (stok masker menjadi langka), ya kan. Kalau kita sehat nggak usah pakai masker tidak apa-apa kok. Kecuali kalau kita mau flu, lha itu pakai masker gitu, bukan masalah sehat supaya tidak kena corona pakai masker, bukan itu," kata Sultan saat ditemui wartawan di kantor Gubernur DIY, Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (3/3/2020).

Sementara itu, Sekretaris DIY Kadarmanta Baskara Aji menyebut akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DIY apabila terjadi kelangkaan terkait ketersediaan masker. Di mana Dinkes nantinya akan berkoordinasi dengan produsen masker.

"Berkaitan dengan ketersediaan masker kita koordinasikan dengan Dinkes (DIY). Kalau memang dirasa permintaan dibanding persediaan itu kurang, nanti kita minta Dinkes menghubungi perusahaan atau bekerja sama dengan Kemenkes untuk bisa memberikan stok khusus ke DIY," ucapnya.

Karena itu, Aji meminta agar masyarakat tidak perlu terlalu panik menyikapi langkanya masker. Selain itu, ia meminta agar masyarakat tidak memborong masker di pasaran.

"Kepada masyarakat diimbau jangan memborong karena akan merusak harga dan membuat orang-orang yang lain tidak dapat. Terus buat apa kok masker diborong, di dalam rumah juga tidak harus pakai masker kan," kata Aji.

(rih/sip)