Gubernur DIY Keluarkan Instruksi Soal Siaga Virus Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 19:34 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Kepatihan, Selasa (3/3/2020).
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Kepatihan, Selasa (3/3/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengeluarkan instruksi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi virus corona atau COVID-19. Nantinya OPD terkait akan menindaklanjuti instruksi tersebut.

"Saya kira kami baru menyusun instruksi Gubernur ya. Nanti kita tunggu aja, nanti. Masih baru diselesaikan," kata Sultan saat ditemui wartawan di kantor Gubernur DIY, kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (3/3/2020).

Ngarsa Dalem menyebut isi instruksi itu berkaitan dengan pencegahan virus corona masuk ke DIY.

"Iya, menyangkut itu (status DIY menghadapi virus Corona). Nanti di situ semua ada, ketentuan-ketentuan ada semua. Kan sebetulnya dari pemerintah pusat kan sudah ada (instruksi pencegahan virus Corona), (seperti) harus sering cuci tangan dan sebagainya ada semua (pada instruksi Gubernur)," terang Sultan.

Sementara itu, Sekretaris DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan instruksi tersebut bukan menaikkan status DIY darurat virus Corona. Menurutnya, instruksi itu ditujukan agar para pemangku kepentingan lebih siaga dalam mencegah masuknya virus tersebut.

"Jadi sebetulnya bukan menaikkan status, tapi supaya kesiapsiagaan yang dilakukan oleh beberapa pihak, para pemangku kepentingan supaya lebih diperhatikan," katanya.

Menurutnya, hari ini Sultan telah menandatangani instruksi tersebut.

"Jadi nanti Pak Gubernur menandatangani instruksi yang ditujukan kepada para pemangku kepentingan, (seperti) rumah sakit, bupati, wali kota dan OPD-OPD yang ada," imbuh Aji.

Simak Video "MUI: Daripada Timbun Barang, Mending Tingkatkan Imunitas"

Selanjutnya
Halaman
1 2