Guyuran Abu Erupsi Gunung Merapi Reda, Disusul Hujan Deras di Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 12:26 WIB
Hujan deras mengguyur Boyolali pasca hujan abu Gunung Merapi, Selasa (3/3/2020).
Hujan deras mengguyur Boyolali setelah hujan abu Gunung Merapi, Selasa (3/3/2020). (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Hujan abu yang mengguyur wilayah Boyolali sudah reda. Kini sebagian wilayah di lereng Gunung Merapi sisi timur itu diguyur hujan yang melunturkan abu yang menutup kawasan tersebut.

Wilayah yang diguyur hujan abu bercampur pasir halus pagi tadi antara lain di Kecamatan Musuk dan Tamansari. Hujan abu Gunung Merapi reda sekitar pukul 09.30 WIB. Pantauan di Desa Sruni, Kecamatan Musuk, hujan mengguyur sejak sekitar pukul 10.45 WIB. Air hujan di tanah pun terlihat berwarna cokelat keputihan karena bercampur dengan abu letusan Gunung Merapi.

Sementara itu, mobil water cannon Polres Boyolali membersihkan jalan utama Boyolali yang juga tertutup abu vulkanik Gunung Merapi. Water cannon menyemprotkan air ke segala penjuru di Jalan Pandanaran.

"Kami melakukan bakti sosial membersihkan jalan raya ini dari abu vulkanik. Karena, ketika dilintasi kendaraan, abunya beterbangan dan bisa membahayakan pengguna jalan," kata Wakapolres Boyolali Kompol Dony Eko Listianto kepada para wartawan Selasa (3/3/2020).

Tonton juga Merapi Erupsi, Bandara Adi Soemarmo Ditutup Sementara! :